Senin, 25 Mei 2009

Pembelajaran





2004

KATA PENGANTAR

Modul berjudul Numbers ini merupakan pegangan tertulis bagi guru dan siswa dalam pemelajaran bahasa Inggris di level Novice. Modul ini berfungsi sebagai berikut:

1. Bahan pemelajaran pokok di dalam kelas.
2. Bahan pegangan siswa untuk belajar mandiri dengan system belajar jarak jauh.
3. Bahan suplemen atau pelengkap untuk bahan pemelajaran utama di dalam kelas.

Dalam perkembangan, pada modul ini munkin akan di temukan kelemahan atau kekurangan. Oleh karena itu, sangat mungkin akan di terbitkan edisi revisi setelah mendapat masukan-masukan yang di signifikan dari pemakai modul ini seperti guru dan siswa dan juga dari para pemerhati pemelajar bahasa Inggri
Daftar Isi


1.
Halaman Francis
1
2.
Kata Pengantar
2
3.
Daftar Isi
3
4.
Glosarium
4
5.
Bab I Pendahuluan
5

A. Deskripsi
5

B. Prasarat
5

C. Petunjuk Penggunaan Modul
5

D. Tujuan Akhir
5

E. Kompetensi
5

F. Cek Kemampuan
5
6.
Bab II Pemelajaran
6

A. Rencana Belajar Siswa
6

1. Kegiatan Belajar 1
2. Kegiatan Belajar 2
3. Kegiatan Belajar 3
6
7
8
7.
Bab III Evaluasi
9
8.
Bab IV Penutup
9
9.
Daftar Pustaka
10





















GLOSARIUM :
One hundred : seratus
First (1st) : pertama
Second (2nd) : Kedua
Third (3rd) : Ketiga
Four : empat
a/ one million : satu juta
one thousand : seribu
nought : nol
zero : nol
love : nol
ou : nol
arrive : tiba, datang
departure : berangkat
cent : sen
step : langkah
sight : pandangan
performance : penampilan
point : koma
a quarter : seperempat
a half : setengah
Vulgar Fraction: bilangan pecahan
Decimal Fraction: bilangan decimal


























BBAB I
PENDAHULUAN

A. Deskripsi

Modul Dealing Numbers adalah modul yang dipelajari siswa setelah mempelajari modul Introduction. Dalam percakapan sehari-hari numbers merupakan hal yang paling sering kita jumpai oleh karena itu sangat penting bagi siswa untuk menguasainya.
Ruang lingkup modul ini sebagai berikut :
1. Cardinal Numbers .
2. Ordinal Numbers
3. Numbers for Identity
4. Numbers for Meassurement
5. Numbers for Ranks
6. Simple Arithmatic
7. Singular Plural
Setelah menyelesaikan modul ini siswa dapat mengungkapkan ungkapan yang melibatkan Numbers secara tepat.
B. Prasarat
Modul ini adalah modul yang dipelajari siswa sesudah modul Thanking dan merupakan prasarat untuk lanjut ke modul Introduction.
C. Petunjuk Penggunaan Modul
1. Siswa harus mendengarkan penjelasan guru sebelum menggunakan modul ini.
2. Siswa harus memahami uraian materi sebelum mengerjakan soal-soal.
3. Siswa tidak diperkenankan untuk melihat kunci jawaban.
4. Setelah siswa mengerjakan soal-soal, siswa melaporkan kepada gurunya dan mencatat kemajuan yang telah diperoleh.
5. Guru membimbing siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan pada saat pembelajaran sedang berlangsung.
6. Guru melaksanakan penelitian dan mencatat kegiatan siswa.
D. Tujuan Akhir
Kinerja yang diharapkan dimiliki siswa setelah mempelajari modul ini adalah “ Friendliness” (keramahtamahan) sesuai dengan persyaratan dunia kerja (entry level). Siswa dinilai berhasil dalam mempelajari modul ini, apabila dalam kehidupan sehari-hari mereka dapat menggunakan angka-angka untuk berkomunikasi dalam berbagai hal.



E. Kompetensi
1. Menghitung bilangan biasa (cardinal numbers) dan bilangan bertingkat (ordinal numbers).
2. Menggunakan bilangan biasa dan bilangan bertingkat dalam :
a) Bilangan yang menunjukkan identitas (numbers of identity)
b) Bilangan yang menunjukkan ukuran (numbers of meassurement).
c) Bilangan yang menunjukkan Ranking (numbers of Ranks).
d) Bilangan yang menunjukkan perhitungan matematika sederhana (simple arith matik).
3. Bilangan yang menunjukkan tunggal atau jamak (singular/plural).
F. Cek Kemampuan
1. You are designed to count from 0 – 100 and from 1st to 100th .
2. Teacher asks the students to move his/her motor cycle into the parking area because he/she is in hurry to enter the classroom and he/she will tell the teacher about the police numbers of his/her motor cycle.
3. Teacher asks you about the price of one litre of gasoline.
4. Teacher asks you about your birth-date.
5. You are assigned to process the numbers in simple arithmetic.
6. You are assigned to count the number of people and others at the canteen.



























BAB II
PEMBELAJARAN

A. Rencana Belajar Siswa
Jenis Kegiatan : Menghitung bilangan, simulasi percakapan dalam kelas, bekerja berpasangan untuk memahami dialog dan membuat teks percakapan berdasarkan situasi yang diberikan.
B. Kegiatan Belajar
1. Kegiatan Belajar 1
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran 1
Memperkenalkan kepada siswa tentang Cardinal Numbers dan sekaligus dapat menghitungnya.
b. Uraian Materi 1
Menghitung bilangan biasa (Cardinal Numbers) 0 – 100
1 = one 16 = sixteen 76 = seventy six
2 = two 17 = seventeen 80 = eighty
3 = three 18 = eighteen 87 = eighty seven
4 = four 19 = nineteen 90 = ninety
5 = five 20 = twenty 99 = ninety nine
6 = six 21 = twenty one 100 = a/one hundred
7 = seven 30 = thirty 105 = a/one hundred and five
8 = eight 32 = thirty two 1000 = a/one thousand
9 = nine 40 = forty 10.000 = ten thousand
10 = ten 43 = forty three 100.000 = a/one hundred thousand
11 = eleven 50 = fifty 1.000.000= a/one million
12 = twelve 54 = fifty four 1.000.000.000= a/one billion
13 = thirteen 60 = sixty 1.875 = one thousand eight hundred and
14 = fourteen 65 = sixty five seventy five.
15 = fifteen 70 = seventy 10.569 = ten thousand five hundred and
Sixty nine.
C. Rangkuman
Pengetahuan dan kemampuan essensial pada kegiatan belajar ini adalah:
1. Menghitung angka biasa.
2. Memahami spelling dan pronounciation.
D. Tugas 1
Count Cardinal Numbers from 0 – 100 individually.
E. Tes Formatif
As long as teaching process


2. Kegiatan Belajar 2
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran 2
Untuk memperkenalkan kepada siswa tentang Ordinal Numbers dan sekaligus dapat
menghitungnya.

b. Uraian Materi 2
Menghitung bilangan bertingkat (Ordinal Numbers) dari ke- 1 s/d. ke- 100

1st = first 11th = eleventh 21st = twenty first
2nd = second 12th = twelfth 22nd = twenty second
3rd = third 13th = thirteenth 23rd = twenty third
4th = fourth 14th = fourteenth 24th = twenty fourth
5th = fifth 15th = fifteenth 25th = twenty fifth
6th = sixh 16th = sixteenth 26th = twenty sixth
7th = seventh 17th = seventeenth 27th = twenty seventh
8th = eightn 18th = eighteenth 28th = twenty eighth
9th = ninth 19th = nineteenth 29th = twenty ninth
10th = tenth 20th = twentieth 30th = thirtieth



To be continued next time ????????






A. Complete the following dialog with suitable expression
1. You are sitting with your friend in front of the library. There is a new student coming and introducing herself to you.
A new Student: Hello ! May ………………….
My name is …………………..
You : ……………………………………..
Your friend : ……………………………………..
2. You must introduce your manager (Mr. Sutarjo) to Mr. Hakim, a very important gest
You : Good morning, Mr. ……… let me………… you to my manager,
Mr. Sutarjo.
Mr. ……………….. this is Mr. ……………………
Mr. Wijana : How do you do,…………. Mr. ……………………
Mr. Sutarjo : ……………….., nice to meet you too

B. Kunci Jawaban Formatif 2
Dialog 1
A new Student : Hello ! May I introduce myself
My name is Agus
You : Hello ! I’m Tia
Your friend : Glad to meet you
Dialog 2
You : Good morning, Mr. Wijana let me introduce you to my manager, Mr.
Sutarjo.
Mr. Wijana : How do you do, nice to meet you Mr. sutarjo.
Mr. Sutarjo : Wijana Nice to meet you too.
3. Kegiatan 3
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran 3
Untuk membuat siswa mengetahui dan mengerti cara memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dalam situasi formal dan informal.
b. Uraian Materi
Siswa membuat sendiri dialognya
c. Rangkuman
Pengetahuan essensial pada Kegiatan Belajar 3 :
- Perbedaan penggunaan ungkapan perkenalan diri sendiri dan memperkenalkan orang lain dalam situasi formal dan informal.


d. Tugas 3
1). Work in Pairs
You make dialog in expressing introduce oneself and others formally and
informally.
2). Work in Pairs
Practise the dialog
a. Test Formatif 3
Based on your writing and your performance



BAB III
EVALUASI

As long as the teaching process.




BAB IV
PENUTUP

Setelah menyelesaikan semua tugas dan evaluasi dalam modul ini dengan benar, anda diperkenankan untuk melanjutkan ke modul berikutnya. Tetapi jika anda belum berhasil mengerjakan tugas dan evaluasinya dengan sempurna, anda harus mengulang kembali dan silahkan berkonsultasi kepada guru pembimbing dan atau teman sebagai tutor atau mentor.














DAFTAR PUSTAKA

1. Depdiknas, 2001, Global Access To the Work of Wook, Book I
2. Krisnani Yiyis, Dra. Etal. LP2IP. 1999, English Vocational Book Ia.
3. John M Echols and Hassan Shadily,1986 (cetakan XIV), Kamus Inggris –Indonesia,
PT. Gramedia-Jakarta.
4. AS Hornby cs, 1987, Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English,
Oxford University Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar